Blog

Latest News and Updates

Selamat bulan mei bagi kita semua

Postingan kali ini tidak akan membahas tokoh statistika atau hal-hal berbau statistika, tidak juga membahas tentang OMI yang sedang ramai dibicarakan. Kali ini kita akan membahas tentang ‘ada apa sih di bulan Mei?’. Bulan mei, mungkin sudah banyak yang lupa ada apa saja di bulan ini. Banyak hari-hari istimewa yang ada di bulan mei, yaitu :

[box type=”shadow”] 1 Mei   : Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat

1 Mei   : Hari Buruh Sedunia

2 Mei   : Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

5 Mei   : Hari Lembaga Sosial Desa (LSD)

11 Mei : Hari POM – TNI

15 Mei : Hari Korps Resimen Mahadjaya/ Jayakarta (Menwa Jayakarta)

17 Mei : Hari Buku Nasional

19 Mei : Hari Korps Cacat Veteran Indonesia

20 Mei : Hari Kebangkitan Nasional

21 Mei : Hari Peringatan Reformasi

23 Mei : Hari Penyu Sedunia

29 Mei : Hari Keluarga

31 Mei : Hari Tanpa Tembakau Sedunia

[/box]

Namun kita akan fokus pada Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada bulan ini, tepatnya 2 Mei dan 20 Mei.

Menilik sejarah, Hari Pendidikan Nasional ditetapkan tanggal 2 Mei bertepatan dengan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara yang merupakan pelopor pendidikan di indonesia. Hari Kebangkitan Nasional juga diperingati pada bulan Mei tepatnya 20 Mei bertepatan dengan berdirinya Boedi Utomo yang menandakan tumbuhnya kesadaran memperjuangkan bangsa indonesia yang diikuti dengan peristiwa sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober.

Ada kesamaan antara dua hari besar nasional ini, yaitu peran krusial pemuda dalam ‘memperjuangkan’ bangsa Indonesia. Memperjuangkan pada konteks ini tidak berarti kita harus berperang melawan Negara lain dan mengangkat senjata, namun kata memperjuangkan disini kita sesuaikan dengan gelar mahasiswa yang kita miliki. Kita sebagai mahasiswa dapat memperingati kedua hari besar ini dengan makna yang lebih dalam, yaitu tentang apa yang bisa dan sudah kita lakukan bagi Negara.

Dimulai dari hal-hal kecil, belajar dengan sungguh-sungguh demi memajukan pendidikan Indonesia, berlatih mengembangkan kemampuan akademik dan non akademik, serta sebagai calon ahli statistikawan dapat mengumpulkan dan mengolah data dengan baik, serta jujur dalam merepresentasikan hasil yang ada. Semua hal-hal sederhana yang dapat berarti besar untuk kemajuan Indonesia kedepannya. Karena langkah besar selalu dimulai dengan langkah kecil di awal dan perubahan besar selalu dimulai dari perubahan pada diri sendiri.

Selamat memperbaiki diri calon statistikawan indonesia, dan selamat bulan Mei untuk para pemuda Indonesia.

gsbipbSelamat bulan mei bagi kita semua
Share this post

Join the conversation