Blog

Latest News and Updates

Membuat Restore Point pada Windows 7

 

Pengertian Restore Point

Restore Point adalah sebuah catatan konfigurasi sistem pc, dinyatakan dalam bentuk tanggal saat catatan tersebut dibuat (oleh sistem atau oleh User). Catatan ini bisa digunakan untuk memanggil kembali (recall) suatu konfigurasi sistem yang lalu, untuk digunakan kembali.

Tujuan Membuat Restore Point

  1. Agar dapat memanfaatkan (menjalankan) fungsi System Restore jika sedang mengalami suatu problem komputer.
  2. Agar komputer memiliki backup konfigurasi sistem yang bisa dipanggil kembali dengan mudah dan cepat (recall).
  3. Mem-backup konfigurasi sistem disaat akan melakukan suatu perubahan registry atau merubah setting konfigurasi pada komputer. Sehingga bila terjadi kegagalan karena perubahan tsb., maka sistem bisa dikembalikan ke konfigurasi awal dengan mudah.

 

Cara membuka System Restore Windows 7 : Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> System Restore.  Lihat  gambar di bawah

1

Cara Membuat Restore Point

Jika Restore Point belum pernah dibuat, maka akan muncul gambar di bawah. Pesan ini menunjukkan bahwa System Protection (yang menangani System Restore Windows 7) belum Aktif. Pada keadaan seperti ini kita belum bisa melakukan System Restore karena belum ada Restore Point yang dibuat.

2

Untuk membuat Restore Point, sekaligus meng-aktifkan System Protection, klik text-link [System Protection] gambar di atas.

Selanjutnya akan muncul jendela System Properties -> buka tab System Protection seperti gambar dibawah ini.

3

Untuk mulai membuat sebuah Restore Point baru, klik tombol [Create…]

4

Akan muncul text box seperti gambar-4 di atas, kita bisa memberi nama untuk Restore Point yang akan dibuat dengan meng-ketikkan suatu nama pada text box yang tersedia.

Selanjutnya klik tombol [Create]. Tunggu beberapa saat, sementara Restore Point sedang dibuat. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada seberapa “padat” isi harddisk (partisi C:\) yang digunakan.

Setelah pembuatan Restore Point selesai, akan muncul pesan seperti gambar-5.

Klik tombol [Close], dan sekarang System Restore sudah memiliki Restore Point yang baru.

 

Courtesy of http://kangtokkomputer.weebly.com/

 

gsbipbMembuat Restore Point pada Windows 7
Share this post

Join the conversation