VISI

Menjadikan departemen Sains GSB IPB sebagai wadah mahasiswa statistika IPB untuk mengembangkan wawasan dan kemampuannya dalam bidang ilmu statistika serta dapat meraih berprestasi.

MISI

  • Mengembangkan pemahaman mahasiswa Statistika IPB tentang penerapan ilmu statistika dalam kehidupan sehari-hari dan penggunaan teknologi untuk membantu penerapan ilmu statistika dalam menyelesaikan suatu masalah.
  • Meningkatkan pemahaman mahasiswa Statistika IPB dalam mengimplimentasikan ilmu statistika terkini.
  • Menumbuhkan rasa semangat untuk berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional.
  • Memperkenalkan ilmu Statistika kepada mahasiswa IPB dan berbagai kalangan pendidikan dengan kegiatan-kegiatan yang bernuansa Statistika.

DESKRIPSI SINGKAT

Salah satu departemen GSB IPB yang berfokus pada persoalan akademik , ilmu statistika dan prestasi. Sains memiliki program kerja yang dapat meningkatkan kemampuan akademik maupun non akademik dan meraih mahasiswa dalam meraih prestasi.

PROGRAM KERJA

1. Komstat  Jr : Di sini, saatnya adik-adik SMA/sederajat menunjukkan kemampuannya di bidang ilmu Statistika. Selain itu, ada seminar yang akan menjelaskan kepada adik-adik tentang Statistika lebih dalam dan memberikan wawasan mengapa statistika itu keren.

2. Statistika Ria: Ini nih acara terbesar GSB dan sudah terkenal di kampus-kampus lain looh. Statistika Ria adalah acara nasional yang mencakup Kompetisi Essai Nasional (KEN) dan Kompetisi Statistika Nasional (KSN). Statistika Ria merupakan ajang bergengsi bagi mahasiswa-mahasiswa Statistika di Indonesia dengan memperebutkan piala bergilir Andi Hakim Nasoetion.

3. Statistics Got Talent: Untuk berprestasi dan menjadi yang terbaik, tentunya harus melalui proses dan perencanaan yang matang. Disini nih, teman-teman dari Sains GSB IPB memberikan informasi-informasi lomba maupun kegiatan kemahasiswaan lainnya yang bermanfaat dan memberikan pelatihan-pelatihan untuk teman-teman statistika IPB yang ingin berprestasi serta mengharumkan nama Statistika IPB.

4. Statistics in Action:
• It’s Tuti (It’s Tutorial Time): Di Statistika IPB, gak ada tuh namanya “pinter sendiri”, karena kita mengadakan kegiatan untuk saling berbagi ilmu yang belum dipahami di kelas. Kegiatan ini bisa berupa belajar atau diskusi secara kelompok kecil maupun kelompok besar (satu angkatan).
• Outlier: Gak seru deh kalo punya ilmu gak bagi-bagi. Teman-teman statistika IPB mengadakan jasa bimbingan belajar untuk membantu teman-teman dari departemen lain untuk mengatasi mata kuliah yang berasal dari departemen Statistika.

5. Statistics Academy: Kegiatan ini bikin teman-teman Statistika IPB tambah keren.  Disini, teman-teman Statistika IPB belajar daro dasar loooh, mulai dari cara survei yang baik dan benar, membuat kuisioner dengan benar, cara membuat form entry data, menganalisis data, sampai pada penarikan kesimpulan. Dalam kegiatan ini, Sains bekerjasama dengan departemen lain yang ahli di bidangnya masing-masing.

gsbipbSains