Smart Stat 1 merupakan salah satu program kerja Himpunan Profesi Gamma Sigma Beta yang dilaksanakan oleh Departemen Analisis Data dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seluruh mahasiswa Departemen Statistika IPB dalam pengolahan data. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat belajar dalam diri mahasiswa Statistika IPB khususnya terhadap pengolahan data dan perkembangan Ilmu Statistika pada umumnya. Smart Stat merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Andat in Action yang dibagi dalam dua tahap.

Smart Stat 1 pada tanggal 19 Maret 2016 telah dilaksanakan dengan lancar untuk mahasiswa statistika angkatan 50 (2013) dan mahasiswa statistika angkatan 51 (2014). Pada tahun ini, untuk pertama kalinya Smart Stat 1 dibuka untuk umum, dan dihadiri oleh mahasiswa angkatan 50, 48, 49 serta pasca sarjana beberapa fakultas di IPB, seperti Fakultas Kehutanan, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, departemen lain dari Fakultras Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan mahasiswa Statistika Pasca Sarjana. Acara berlangsung di Ruang Kuliah B1C1. Smart Stat 1 tahun ini terdiri dari dua sesi. Sesi pertama untuk mahasiswa statistika angkatan 51 dan peserta umum yang dimulai pukul 08.30WIB sampai 10.00WIB dan dihadiri oleh 46 peserta. Materi yang dibahas adalah Analisis Regresi Linier Berganda denganmenggunakan software Minitab. Sesi kedua untuk mahasiswa statistika angkatan 50 yang dimulai pukul 10.30 WIB sampai 12.00 WIB dan dihadiri oleh 40 peserta. Materi yang dibahas adalah Statistika Non Parametrik dengan menggunakan software SPSS.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan pemahaman Mahasiswa Statistika angkatan 50 (2014) dan angkatan 51 (2014), serta peserta umum mengenai aplikasi software-software statistika dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada.

Slide1

 

Slide2

 

Slide3

 

Slide4

 

Slide5

 

Slide6

 

Slide7

gsbipbSmartstat 1