Focus Group Discussion atau yang biasa disebut FGD merupakan program rutin BETA Club yang baru diasakan di kepengurusan GSB terbaik tahun ini. FGD ini diadakan setiap dua bulan sekali dan yang pertama kali diadakan Hari Selasa, 22 Maret 2016. FDG tahun ini mengangkat tema “Speak Your Mind and Show Your Guts”. Harapannya dengan adanya program ini mahasiswa statistika dapat melatih kemampuan bahasa Inggrisnya secara lisan.

Topik yang didiskusikan pada FGD pertama adalah “DO I FIT IN STATISTICS?”. Acara yang dimulai pada jam 19.49 ini diikuti oleh 21 peserta dan dimoderatori oleh Hasrul Abdurrahman, Mapres Statistika 2016. Acara ini dibuka dengan penampilan video berdurasi 3 menit dan dilanjutkan oleh MC Andin Anindya dan ALif Supandi. setelah pembukaan MC, dilanjutkan tilawah oleh Fahmi dan diserahkan ke moderator.

Pada sesi diskusi, moderator dengan aktif mulai membuka pemaparan singkat dan mendorong peserta untuk berbicara dengan percaya diri. Peserta yang awalnya malu-malu pun akhirnya satu persatu memberanikan diri dan aktif berdiskusi. Selain diskusi tentang topic yang diberikan, moderator juga member motivasi kepada peserta untuk mulai belajar mengikuti kompetisi paper dan essay ke luar negeri karena kesempatan yang sangat banyak. Hal ini pun membuat peserta termotivasi untuk mengikuti jejak sang mapres ini untuk lebih aktif lagi belajar bahasa asing dan mengikuti perlombaan paper dan essay ke luar negeri.

Di akhir acara, salah satu peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesimpulan dari diskusi dan mendapatkan hadiah. Tentu saja di sela-sela diskusi panitia memberikan snack agar peserta lebih semangat lagi. Di akhir acara, moderator berpesan agar acara seperti ini dilanjutkan dengan lebih antusias lagi oleh mahasiswa statistika.

gsbipbFocus Group Discussion